Belimbing Philipina

PROFIL BELIMBING PHILIPINA

Belimbing ini berasal dari Philipina sesuai dengan namanya. Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Tidak seperi tanaman tropis lainnya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C. Serat halus,tekstur lembut. bentuk buahnya lebih panjang dari belimbing lokal. belimbing bagus untuk ditanam di pot ketika masih kecil karena bagus dan sudah bisa berbuah, namun setelah besar, harus dipindah di lahan karena ukuran tanaman yang semakin besar dan tidak lagi efektif ditanam di dalam pot.

Cara Perawatan :

Cara perawatan sama seperti tanaman buah lain, yaitu :

Penyiraman: penyiraman dilakukan seperlunya saja, misal tanah kelihatan kering, maka lebih baik penyiraman perludilakukan lagi, misalkan masih basah tidak perlu dilakukan penyiraman.

Pemangkasan: Batang dan cabang utama belimbing harus dibiarkan terkena sinar matahari. Sementara ranting-ranting yang ada harus dalam kondisi muda. Tanda ranting sudah kelihatan tua adalah kayunya mengeras, daun kecil-kecil dan rapat serta menjuntai ke bawah. Ranting demikian harus dibuang dan disisakan tunas air (cabang maling) yang sudah cukup kuat sebagai pengganti ranting yang dibuang tersebut. Dengan cara ini, kualitas belimbing bisa terus dijaga. Buah yang dipelihara hanya yang tumbuh di batang dan cabang utama. Yang tumbuh di ranting-ranting, semuanya dibuang. Alasannya adalah buah-buah “ranting” tersebut akan berukuran kecil dan kualitasnya kurang bagus.

Price: –

Gambar :

 

Gb. Blimbing Philipina

%d bloggers like this: